Olengk Blogs

Sharing pengalaman | Berita terbaru | Download Free Software | Tutorial

Membuat agar wp-content tidak dapat di akses

Tentunya beberapa pengguna setia wordpress pasti tahu hal ini, tidak hanya wp-content, juga wp-include biasanya bisa di akses jika wp-content dapat di akses dan ini bisa menjadi celah untuk keamanan website anda.

Bagi yang pertama kali mengalami hal ini akan sya share bagaimana cara mengatasi hal ini agar direktori wordpress (wp-content, wp-include) tidak bisa di akses..

berikut ini gambat jika direktori wordpress anda dapat di akses :


Untuk menutup celah tersebut anda harus mengedit file .httaccess di direktori wordpress anda /hostingan anda.Sebelumnya centang bagian "show hidden files" karena file yang satu ini biasanya tersembunyi...

Atau jika anda tidak ingin lewat cpanel anda bisa juga dengan menginstal Wordpress SEO by Yoast, karena di plugin seo tersebut ada opsi untuk mengedit file .httaccess.

Nah jika sudah menemukan file .httacces tersebut silahkan tambahkan kode berikut di dalam file tersebut (bagian bawah .httacces)

# disable directory browsing
Options All -Indexes
# PREVENT FOLDER LISTING
IndexIgnore *


Jika sudah silahkan simpan hasil editan anda tadi dan coba anda akses kembali wp-content anda via www.domainanda.com/wp-content

Maka akan muncul sebagai berikut : 


Itu berarti pekerjaan anda telah sukses, Untuk mengatasi munculnya error 403, dapat dilakukan dengan menambahkan file index.php pada directory yang ingin di disable. Missal anda ingin mendisable akses directory pada url  www.domainanda.com/wp-content/upload/  dengan memakai .htaccess, maka untuk menghilangkan peringatan error ketika url tersebut diakses, anda harus menambahkan file index.php yang berisi kode berikut pada folder atau directory anda.

<?php
//silent is gold
?>
dengan menambahkan file tersebut maka jika ada seseorang ingin mengakses direktori tersebut yang muncul bukan 403 Forbiden Melainkan halaman "Blank".

Sekian cara agar wp-content tidak dapat di akses, Semoga bermanfaat..

Refference





Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Wordpress dengan judul Membuat agar wp-content tidak dapat di akses. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://olengkblogs.blogspot.com/2012/06/membuat-agar-wp-content-tidak-dapat-di.html. Terima kasih!
- Friday, June 1, 2012

Belum ada komentar untuk "Membuat agar wp-content tidak dapat di akses"