Olengk Blogs

Sharing pengalaman | Berita terbaru | Download Free Software | Tutorial

Malaysia Mengklaim Tari Tor-Tor dari Suku Batak



Tari Tor-Tor yang berasal dari suku batak sumatera utara ini sudah sejak lama kita ketahui bahwa Salah satu kesenian budaya Indonesia. Seperti yang di kutip dari beberapa sumber, Pemerintah Malaysia menyatakan tarian Tor-tor dan Gordang Sambilan (sembilan gendang) akan diiktiraf sebagai satu cabang warisan negara jiran itu. Klaim Malaysia kali ini tercatat sebagai yang ke-23 atas budaya bangsa Indonesia.

Menurut Ruhut Sitompul yang juga merupakan orang batak asli Malaysia perlu diberi pelajaran keras oleh pemerintah. Tidak hanya kebudayaan yang sering diklaim oleh Malaysia, tetapi juga perbatasan."Dia kirim kita ke kita teroris, perbatasan kita dicaplok, kebudayaan kita diklaim, sudah gila itu Malaysia. Ganyang saja," terangnya.


Seperti diberitakan, Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia , Datuk Seri Dr Rais Yatim seperti dilansir Bernama menyatakan mereka akan mendaftarkan tarian tor-tor dan gordang sembilan dalam warisan budaya nasional. Kedua kesenian itu akan didaftarkan dalam Seksyen 67 sebagai Akta Warisan Kebangsaan 2005. Rais menyampaikan rencana itu saat gathering masyarakat Mandailing di  Malaysia.


Bagaimana pendapat anda ? apakah sama seperti ungkapan bung karno "Ganyang Malaysia" ?? Mengingat sudah banyak sekali kebudayaan indonesia yang di klaim secara sepihak, Ini bukan Provokasi tapi dengan Mengklaim Tari Tor-Tor dari Suku Batak oleh Malaysia apakah itu wajar ?? 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita terbaru dengan judul Malaysia Mengklaim Tari Tor-Tor dari Suku Batak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://olengkblogs.blogspot.com/2012/06/malaysia-mengklaim-tari-tor-tor-dari.html. Terima kasih!
- Sunday, June 17, 2012